Harus Berubah

Banyak yang terjadi di hidup saya beberapa bulan ke belakang. Kalau umur tentu bertambah, pengalaman hidup juga berganti dari hari ke hari. Kejadian buruk dan baik juga menghampiri, datang dan pergi, menandakan kedinamisan kehidupan manusia.

Yang paling mengusik hati dan otak adalah tentang kesehatan. Beberapa bulan kemarin, saya merasa tubuh saya sudah tidak mampu mengimbangi berat badan saya yang terlalu berat. Tanda-tanda fisik dan yang saya rasakan dalam sehari-hari mengamini bahwa badan saya sudah terlalu gemuk.

Saya kemudian merenung beberapa hari, tentang banyak hal buruk yang bisa menimpa saya di kemudian hari karena obesitas yang saya alami. Dari yang paling ringan sampai paling buruk. Kenangan saya terbang ke waktu-waktu yang lalu, ke puluhan tahun lalu, dari SD, SMP, SMA, kuliah. Mengingat puluhan tahun bagaimana saya membesar dari tahun ke tahun.

Saya merasa sudah “berbuat jahat” kepada diri saya sendiri. Saya menjadikan potensi diri mungkin tidak dapat dieksplorasi lanjut karena keterbatasan fisik. Saya sudah membunuh mimpi-mimpi saya sendiri, perlahan, satu demi satu.

Saya akhirnya memutuskan harus berubah. Saya yang sehat di masa datang menunggu saya. Dan saya bisa melakukan perubahan dari saat ini juga. Dari diri sendiri. Dari yang sederhana sampai aksi menyeruluh di kemudian hari.

Saya harus berubah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *