Ujian Kekuasaan

Hingar bingar pilkada DKI memperlihatkan sebuah fakta, bagi banyak orang, kekuasaan adalah sesuatu yang menggiurkan untuk dimiliki. Motifnya bisa jadi banyak dan berbeda bagi masing-masing peminat, yang baik dan dinanti orang tentu yang ingin kekuasaan digunakan untuk menyejahterakan masyarakat. Namun fakta pahit di Indonesia yang terjadi di banyak tempat, puluhan pimpinan daerah, entah bupati dan walikota, bahkan gubernur dan pejabat negara, banyak yang ditangkap karena menyalahgunakan kekuasaan. Seringkali hanya karena sekedar ingin memperkaya diri. Punya uang banyak dan bisa ngapa-ngapain.

Perebutan kekuasaan seolah semata tentang ketika berkuasa bisa ngapa-ngapain. Padahal di pundak pemimpin terpilih tersebutlah, nasib jutaan orang dipertaruhkan.

Kekuasaan sejatinya membuka pintu ke jurang kejahatan jika tidak pandai membawa diri, dan menahan diri.

Jangankan menjadi gubernur DKI yang harus menangani jutaan orang, menjadi pimpinan untuk puluhan orang di satu lantai kantor saja banyak yang gagal.

Maka yang jadi pimpinan umat seharusnya memang mereka yang sejak awal tidak saja punya kemauan, tapi niat baik untuk membuat kondisi menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *