Mute

Saya sedikit heran ketika adik saya berbagi printscreen layar hp nya, dan semua grup di whatsapp, kecuali grup keluarga, di mute. Tanpa notifikasi.

Seinget saya, saya belum pernah sekalipun mengaktifkan menu mute di hp. Resikonya memang hp dapat sewaktu-waktu berbunyi ketika ada pesan masuk di grup whatsapp. Bisa kapan, termasuk mungkin dini hari. Saat tidur, atau mau tidur. Memang mengganggu. Apalagi, jika grup whatsapp yang diikuti banyak. Gimana lagi, sekarang setiap “kumpulan orang” bikin grup whatsapp. Saya mungkin tergabung di 10-an grup whatsapp. Mulai dari kantor, kampus, ngaji, fans United, temen sma, dan banyak grup lain.

Seringkali, bergabungnya kita ke sebuah grup whatsapp juga bukan karena kita ingin dan mau. Kadang cuma karena di add, dan akhirnya terpaksa lah jadi anggota. Keterpaksaan jadi anggota bisa berarah ke dua hal, pertama meninggalkan Keterpaksaan karena ternyata grup nya seru, asik, dan nyambung. Sebaliknya, keterpaksaan bisa berujung pada mute, aktifkan mode tersebut bahkan untuk setahun. Lha mau gimana, grupnya ya engga kenal semua, coba ngobrol engga ada yang nanggepi, dan obrolannya kok lokal sekali. Misalnya grup alumni sekolah, tapi kebanyakan bukan teman maen saat sekolah dulu, sehingga obrolannya jadi engga ada yang nyambung. Ya mungkin saat yang tepat untuk mengaktifkan mute.

Iya ngaku, saya mute satu grup.
Hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *