macet di tol

image

pernah suatu kali, kami berangkat dari kantor jam setengah 7 dari kantor untuk menghadiri sebuah acara di sebuah hotel di Jakarta. Tebak kami sampai jam berapa? Jam 11 siang.

Saya yakin, banyak dari kita yang jadi korban macet di tol. Pada jam-jam sibuk, tol tak ubahnya jalan raya biasa, bahkan lebih kejam macetnya. Volume kendaraan yang meningkat drastis, pintu tol yang terbatas, kadang ditambah perilaku berkendara yang semaunya dari beberapa pengguna tol. Jadilah macet semakin menjadi.

Saya sering berkelakar dengan teman yang barengan ke Jakarta lewat tol. Kita bayar kok ya masih macet yah. Hehe.

Entah bagaimana rekayasa lalu lintas harus dilakukan di tol untuk mengurai macet. Saya kira akan semakin sulit seiring berjalannya waktu, karena volume kendaraan pasti meningkat, yang punya mobil jadi semakin banyak, pengguna tol tambah banyak pula. Ruas tol juga sepertinya tidak akan bertambah. Mengurai macet di tol sepertinya memang pekerjaan berat yang hampir mustahil bisa dilakukan.

Jalan satu-satunya yang realistis agar tidak kena macetnya tol ya berganti ke kendaraan umum, khususnya commuter line. Kalau tidak ada gangguan listrik, naik commuter line akan jauh menyingkat waktu tempuh ke jakarta dibandingkan dengan menembus macet yang kadang tidak bisa diprediksi. Ya namun, kenyamanan naik mobil di tol mau tidak mau digadai dengan berdiri sepanjang perjalanan ke Jakarta. Sangat sulit menemukan bangku kosong di commuter line, bahkan di jam-jam biasa, siang hari, bukan di jam sibuk berangkat kerja atau pulang kerja.

Akhirnya memang tidak mudah menemukan transportasi yang nyaman dipakai, tidak kena macet. Pilihan-pilihan akhirnya harus diambil. Mau macet tapi tetep dingin kena AC dan kaki tidak pegel, ya silahkan naik mobil menyusuri jalan tol. Mau tepat waktu sampai di tujuan di jakarta, tanpa banyak mengorbankan waktu untuk macet, namun siap-siap kaki pegel dan semutan, ya silahkan naik commuter line.

Btw, minggu kemarin disela macet ke Jakarta, di tol Jagorawi disalip iring-iringan panjang mobil dan motor tentara, dan pengawal. Sudah menebak dari awal, sepertinya presiden lewat tol ini. Benar saja, beberapa detik melintas mobil dengan plat RI 1. Saya sempat abadikan momen itu dengan handphone dan saya bagikan di segenap akun sosmed saya, saya beri judul : macet (tidak) bersama presiden di tol, saat ini. Hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *