tentang orientasi

image

Sudah sejak beberapa minggu ini, saya kebagian tugas untuk menjadi LO (liason officer), penyelia, para cpns yang akan bekerja di kantor. Prosesnya masih berjalan sampai juni. Intinya saya menjadi semacam pemandu untuk mengenalkan unit kerja saya ke para cpns. Jumlahnya yang puluhan orang menjadikan prosesnya lama, karena harus dibagi menjadi 12 kelompok dengan tiap-tiap kelompok 4 hari.

Tugas ini menyenangkan, karena saya berkesempatan mengenal lebih dulu, lebih dekat dengan calon kolega di kantor. Mereka jelas jauh lebih muda, smart dan penuh semangat. Ini bukan promosi atau apa, tapi itu yang saya alami. Menyenangkan bisa menghabiskan waktu untuk bersama berbagi dan berproses.

Bayangkan, sampai minggu ke 7 saja, saya sudah jumpai banyak sekali kolega muda dengan variasi sifat dan tingkah laku. Maksudnya, dalam proses magang kerja di kantor, saya melihat keragaman individu yang membuat saya belajar banyak. Misalnya, tipikal orang yang berbeda tidak bisa menggaransi jika apa yang saya sampaikan akan diterima dan diproses sama oleh setiap kelompok. Ada yang rajin bertanya ini dan itu. Ada yang banyak diamnya. Ada yang berisik sendiri. Ada yang yang lain lainnya. Dan ini jadi media belajar yang baik untuk bagaimana menyampaikan sesuatu ke banyak orang, agar maksudnya bisa tersampaikan.

Sadar bahwa proses ini bukan ospek, saya bawa santai saja. Beberapa kali mungkin agak kecewa karena ada peserta yang ngantuk ketika dijelaskan. Ah tapi sudahlah, mungkin dia habis begadang nonton liga Champions, saya pun sering begitu. Ada juga yang sembrono, ada yang beberapa kali bikin saya mengernyitkan dahi dan pasang muka masam. Tapi ga perlu sampai marah, atau mereka dihukum misalnya. Karena sejatinya ini adalah awal untuk kolega muda kantor mengetahui bagaimana kantor berkegiatan, ya yang penting proses itu sudah saya sampaikan sebaik mungkin, bahwa tiap orang akan menerima dengan kondisi masing-masing, ya memang begitu adanya.

Dan yang jelas, saya dapat kesempatan untuk jadi gaul lagi. Hehe, saya masih ingat keriuhan yang sama, saat saya dan teman-teman seangkatan masuk kantor dulu, berproses seperti ini lima tahun yang lalu. Sekarang saya berkesempatan untuk gaul dengan mereka yang jauh lebih muda. Ya lumayan, siapa tahu ketularan semangat muda mereka.

One Reply to “tentang orientasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *