satu atau dua

Bagaimana anda biasanya memegang handphone anda? terutama yang sudah tidak pakai tombol manual lagi alias full layar?.

Saya punya hp android Galaxy S3 yang saya beli akhir 2012 dulu, dan kebiasaan kalau pegang hp dengan tangan kiri, jempol kiri menahan bagian bawah dan telunjuk kiri menahan bagian samping kiri. Mirip huruf L yang tegak lurus dimana telunjuk dab ibu jari membentuk sudut 90°. Kira-kira seperti foto dibawah ini.

image

Atau mengoperasikan hp dengan satu tangan saja, tangan kanan, keempat jari memegang erat hape dan navigasi layar memakai jempol kanan. Ya seperti foto di bawah ini.

image

Kedua posisi tangan di atas masih ditambah lagi satu pose andalan yaitu pakai dua tangan, navigasi pake dua jempol terutama saat harus menulis, termasuk menulis postingan ini. Hape ditopang dengan dua telapak tangan.

Persoalan terjadi ketika saya punya 1 hp lagi dengan ukuran jumbo, 5.5 inch yaitu LG G Pro, dimana sangat sulit memegang dengan 1 tangan saja karena memang ukuran yang besar. Navigasi hape jadi tidak maksimal dengan hanya 1 tangan. Jempol tidak bisa menjangkau ujung terjauh lebar layar.

Mau tidak mau, ketika memegang dan bernavigasi hp LG, harus menggunakan dua tangan. Dan entah kenapa, saya merasa jempol tangan kiri saya sekarang sering tidak nyaman kalo pegang hape lama-lama dengan metode L. Mungkin karena LG G Pro lebih berat dan memberi tekanan lebih ke tangan. Saya pernah baca bahwa kebiasaan memegang hp bisa menimbulkan masalah pada tulang. Saya kok ya khawatir dengan hal itu.

Maka, saya sekarang sedang coba-coba mengoperasikan hape dengan tangan bergantian. Asyik juga ternyata. Selama ini, tangan kiri, terutama jempol yang biasa pasif dan hanya digunakan untuk memegang hape, digunakan untuk bernavigasi. Aneh dan harus pake mikir. Haha.

Belum lagi, letak tombol menu dan back di dua hape saya terbalik letaknya. Jika S3 tombol back ada di kanan, maka G Pro ada di sebelah kiri. Masih sangat sering salah pencet, apalagi kalau sehabis pegang hp 1,trus pegang hp 2.

Iya, postingannya ga mutu, megang hp saja kok dibahas panjang lebar. Yoben. kan #firstworldproblem ini namanya… Hahaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *