Ketahuilah, Itu Bukan Milikmu

Kemarin, saya sempat terhenyak, kaget dan tak percaya ketika sebuah blog milik kolega kantor yang baru diterima di kantor menampilkan informasi yang terklasifikasi terbatas dan memang seharusnya tidak boleh ditampilkan dan diperlihatkan ke publik karena ada aturan-aturan publikasinya seperti itu.

Mungkin kolega muda ini tidak tahu, atau belum tahu bahwa data dan informasi itu tidak semuanya bebas dibagikan ke semua orang. Memang ada yang termasuk didalamnya diatur publikasi dan penggunaannya terutama yang terkait isu keamanan negara. Mau karena alasan apapun, ini adalah hal ceroboh dan memalukan.

Di sisi lain, hal ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran bahwa data dan informasi yang karena posisi seseorang di suatu lingkungan kerja kemudian diamanatkan kepadanya tidak serta merta menjadi milik pribadi. Dengan menganggap itu adalah amanat maka akan muncul kehati-hatian, kesadaran memelihara, dan tidak seenaknya menampilkan dan dibagikan ke orang lain, apalagi di blog pribadi yang tidak mengatasnamakan kepentingan kantor.

Saya pasang status di facebook dan kawan dari instansi yang sering tergabung dalam tim rapat memberi komentar, bahwa berbagi hal-hal terbatas terkait rahasia negara itu diatur di KUHP dan ada ancaman pidananya. Pasal 112-113 menjelaskan tentang bagaimana publikasi yang dilakukan tidak sesuai aturan dapat dilihat sebagai pelanggaran serius.

Apa yang terjadi ini mengingatkan saya, bahwa orang-orang bisa saja abai dan ceroboh karena ketidaktahuan dan bahkan karena tidak ingin tahu. Dan yang seperti ini banyak dijumpai dimanapun, yang akhirnya beberapa dari mereka sengaja menyalahgunakan data yang sebenarnya bukan miliknya, cuma karena dia mendapat akses ke data tersebut, serta merta menganggap data itu seolah milik pribadi dan kemudian digunakan untuk kepentingan pribadi.

Ketahuilah, itu bukan milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *