Jatah Bulanan Mahasiswa

Tahun 2004-2009 saat saya menjalani kuliah S1, jumlah tempat nongkrong dan kuliner di dekat kos (saya sekarang ngekos di tempat yang sama saat saya S1 dulu) rasanya belum sebanyak sekarang. Sekarang di sepanjang Jalan Kaliurang saja sudah banyak perubahan toko dan lapak yang dulunya bukan untuk jualan makanan sudah beralih. Hokben dan Pizza Hut dulu belum ada, apalagi tempat-tempat kuliner yang lain.

Saya jadi kepengen tahu, berapa jatah bulanan mahasiswa sekarang?. Hubungannya apa dengan menjamurnya tempat kuliner dan nongkrong di seputaran kampus? yang memanfaatkan dan memberi pemasukan pada tempat-tempat itu kan (harusnya) mahasiswa, itu pula lokasinya dekat kampus.

Dulu saya dapat jatah bulanan 800 ribu mungkin tiap bulan. Karena tidak pernah membandingkan dengan jatah bulanan teman, saya tidak tahu itu masuk ke golongan “ya memang segitu”, “kurang”, atau “lebih tuh”. Yang jelas jika dibandingkan dengan sekarang, uang sewa kos naik sekitar 100rb/bulan. Harga makanan pun tentu naik seiring inflasi yang terjadi.

Tentu saja jatah bulanan mahasiswa tidak serta merta dapat disama-samakan. Yang memang kaya dan biasa hidup enak sebelum kuliah mungkin saja akan dapet jatah sekian juta rupiah dari orang tua karena sewa kos aja mahal dengan fasilitas AC dan kamar mandi dalam, misalnya.

Saya iseng tanya ke adik kelas pas tadi malem ngopi bareng, ada dua orang yang saya tanya dan mereka menjawab besarnya uang bulanan dari orang tua sekitar 2 juta rupiah. Itu sudah termasuk uang sewa kos dan segala macam kebutuhan. Jika sewa kamar katakanlah 400 ribu untuk kamar cowok standar, maka ada sekitar 1.6 juta yang bisa dipakai makan, traktir pacar, beli bensin sebulan, perlengkapan sehari-hari dll.

Yang jelas memang jatah bulanan tiap tahunnya pasti akan meningkat karena inflasi memang berpengaruh pada seluruh sektor. Saya jadi membayangkan, besok kalau saya sudah punya anak, dan anak saya kuliah, berapa ya jatah bulanannya. Hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *