memang harus kreatif

image

Untuk hal-hal resmi, akhir-akhir ini saya lebih sering menggunakan akun resmi dari kantor daripada akun email private saya yang di gmail. Namun, sudah hampir sebulan, akun email kantor ngadat dan tidak mau di POP ke akun gmail. Saya sudah kehabisan akal gimana caranya biar setiap email yang sampai ke akun kantor dapat sampai ke akun gmail, sudah utak-atik settingan POP mental terus, karena SSL bermasalah. Dasar memang saya engga begitu paham yang beginian, coba googling pun tak ketemu cara mengatasinya. Tujuan POP ini tentu agar saya tidak harus cek akun kantor setiap waktu. Akun gmail sudah saya set di BB dan hape android, sehingga fetching dapat berjalan terus, sekaligus backup akun kantor ke akun gmail yang quota nua jauh lebih besar.

Agak lebay, permasalahan ini bagi saya sudah seperti tanpa penyelesaian, atau lebih tepatnya saya sudah kehabisan ide sehingga saya harus tanya ke grup kantor di facebook. Jawaban dari salah satu teman juga sama seputar SSL yang harus diutak-atik. Masalahnya setting POP di gmail sangat sederhana, sehingga pilihan utak-atik SSL cuma tiga, dan saya sudah coba semua tetap gagal. Coba ganti port tetap tidak mau.

Nah, akhirnya ada teman lain di kantor yang berbaik hati memberi solusi cerdas, sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya oleh saya. Apakah itu?

Hahaha, solusinya adalah dengan setting forward email di akun kantor. Jadi alih-alih harus mengutak-atik gmail, kenapa tidak utak-atik saja akun kantornya. Dalam hitungan detik masalah terpecahkan. Malah dengan forward email ini, email yang saya terima di akun gmail hanya selisih beberapa detik saja dengan waktu email diterima di akun email kantor. Saya sudah coba minta bantuan ke teman-teman untuk kirim email percobaan dan hasilnya sangat memuaskan. Berbeda dengan POP atau sign in pada aplikasi di hape yang fetchingnya tidak setiap detik, bahkan saya dulu setting setiap jam karena faktor batre di gadget, forward email ini tentu lebih cepat dan memuaskan.

Entah saya yang baru tahu atau gimana, saya pikir ini cara cerdas dan kreatif, dimana tidak melulu sesuatu yang biasanya diselesaikan dengan cara A harus diselesaikan dengan cara A. Cara B, C,  mungkin D dapat saja dilakukan bahkan dengan hasil lebih memuaskan. Intinya berpikirlah kreatif dan cerdas dalam mencari solusi sebuah permasalahan. Ya begitu. :mrgreen:

2 Replies to “memang harus kreatif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *