Apapun Berbagi

image

Barusaja lihat gambar di atas di timeline twitter @faridyuniar, Gambar kartun mice di atas bisa jadi sindiran, sekaligus keprihatinan banyak orang diantara kita, termasuk saya. Walau saya juga mungkin jadi oknum yang sering ikutan apapun berbagi ini.

Seseorang bisa jadi sangat eksis di social media dengan sharing apapun yang dijalani sepanjang hari dari bangun tidur sampe mau tidur lagi. Saya tidak tahu motivasinya apa, tapi ada yang sangat rajin berbagi kehidupan sehari-harinya di social media.

Bangun tidur, set wake up di Path, jalan kaki/jogging dishare dengan nike+ yang disambungkan ke akun sosmed lain, semisal twitter. Mulai dari rumah, mau berangkat ke masjid subuhan, dishare lewat foursquare, kemudian share foto di instagram dengan aplikasi instaplace. Cek cuaca pagi,abadikan dengan instaweather dan dibagi lagi lewat instagram, path tersambung ke Twitter & facebook. Siang, sore, malem, itu dilakukan terus.

Belum lagi, berangkat kantor, laporan macet ke Waze, sampai kantor check in lagi di 4sq, makan siang+ishoma berbagi lagi di instagram+path+4sq. Agak sore pasang status FB dulu. Mau pulang lihat laporan cuaca lagi, check in di 4sq,path,dll.

Ada yang seperti itu? ada. dan banyak. Ini belum termasuk frekuensi ngetwit yang bisa beberapa kali dalam sekian menit.

Pertanyaannya, seberapa penting detil – detil hidup kita bagikan ke orang lain, dan apakah orang lain membutuhkan dan mau menerima informasi yang sangat banyak tentang seseorang bahkan sampai jam bangun dan tidur harus dibagikan?

Jangan-jangan kita sudah memaksa orang lain untuk melihat itu semua. Sudahkah kita pikirkan?

Saya akui saya sering melakukan hal yang sama, namun sejauh ini, saya juga merasa tidak enak hati kalau apa-apa harus dibagi. Kasian bandwith orang lain, temen kita, terbuang “cuma-cuma” untuk sekedar lihat “saya sudah bangun di suatu tempat”, atau “saya jalan kaki sejauh sekian ratus meter sekian menit ke warteg untuk beli makan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *