Mimik Muka

Apakah anda tipikal orang yang gampang marah? emosian? bad mood? namun sayangnya tak pandai mengontrolnya?

Saya iya. Saya relatif gampang emosi terhadap sesuatu, seringkali karena kekecewaan yang sangat dan berubah jadi marah. Dan efeknya biasanya terlihat dari mimik muka saya yang berubah sangat drastis.

Saya memang tidak pandai menanggulangi tipikal emosional saya. Misalnya, ketika marah, emosi, atau katakanlah bad mood, mimik muka saya seketika berubah, cara bicara saya berubah, dan saya sih bisa menebak kalau orang-orang yang melihat saya dengan kondisi itu tahu kalau saya sedang bad mood, emosi, marah dan sebangsanya. Bahkan tak hanya mimik muka, gerak-gerik saya juga langsung mengikuti pikiran yang bad mood itu.

Btw, melihat orang sedang senang atau tidak biasanya gampang dilihat dari mimik muka. Teman yang banyak senyum, ngomongnya renyah, bibir tidak dimonyong-monyongin, kemungkinan besar sedang dalam mood yang baik. Tapi dosen yang mengajar tanpa ekspresi, nada suara datar, tatapan mata cenderung “intimidatif”, ya anda bisa nebak, dia sedang bagus atau engga moodnya.

Saya sebenarnya ingin belajar, bagaimana manajemen mood yang baik. Karena sesungguhnya memang tidak enak ya melihat orang-orang yang kita jumpai seharian harus berhadapan dengan muka jutek, serem, kurang gairah, kurang tenaga kita, padahal mungkin penyebab bad mood bukan mereka, tapi masalah lainnya.

Kenapa? karena saya juga sering sebal, misalnya ketika ada teman yang ketus, bad mood, dan melimpahkan gundah gulana hatinya pada lingkungan sekitar, pada rekan kerja contohnya. Lha, situ yang bad mood, kok kita yang kena. Hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *