Belajar dari Variety Show Korea (1)

Saya sejatinya bukan pengagum berat acara-acara variety show korea, bahkan baru nonton saat Running Man ep. 96 yang guestnya Park Ji Sung. Setelah nonton tiba-tiba kok mendadak suka. Akhirnya perjuangan dimulai dengan download dari ep.1 sampe 96,dan sampe sekarang selalu download yang versi 720p dan kebanyakan dari kshownow yang sudah hardsub. Dulu pernah koleksi video nya We Got Married saat season 1, saat Alex dan shinae masih ada. Haha.

Selain ketawa dan lucunya,terutama di RM, saya mendapatkan banyak sekali hal baru, terutama bagaimana orang-orang Korea bergaul satu sama lain, walaupun dikemas variety show, saya kira interaksi antar member running man dan guest sangat natural, entahlah kalau saya tertipu dengan acting mereka, tapi sepertinya tidak.

Sebulan terakhir saya juga suka dengan acara varshow anak-anak yang sedang naik ratingnya Appa Oddiga. Inti acaranya beberapa anak beserta Appa nya (bapak) maen ke suatu tempat dan melaksanakan bermacam aktivitas, games, dll. Saya terus terang kagum dan jatuh cinta dengan kepolosan anak-anak kecil itu. Budaya dan kultur Korea dan Indonesia mungkin memang berbeda untuk proses tumbuh kembang anak, namun satu benang merah yang saya dapat, cinta orang tua ke anak memang tiada putusnya. Saya bisa lihat dari interaksi-interaksi yang terjadi antara anak-bapak di Appa Oddiga.

Hal-hal yang paling membuat saya kagum antara lain:
1 . menghormati orang yang lebih tua
Dalam beberapa episode RM, guest yang hadir adalah mereka yang umurnya jauh di atas para member. Bagaimana sapaan, senyum, dan tingkah laku antara member+guest layak diacungi jempol. Mungkin cara-cara menyapa berbeda dengan di Indonesia, namun semangat menghormati orang yang lebih tua, walau mungkin tak seterkenal para member patut jadi bahan renungan. Panggilan-panggilan kepada orang yang lebih tua, ditambah dengan interaksi yang terjadi antara member+guest dengan para penonton yang bertemu saat shooting, juga layak diperhatikan. Saya acungi jempol dengan kerendahan hati entah guest atau member RM yang menyapa dengan senyum dan ramah. Entah karena sedang shooting atau tidak mereka bisa seramah itu, namun saya kira mereka sedang tidak acting.

2.Budaya hidup sehat
Saya kurang tahu yah, bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar karena memang saya belum berkeluarga apalagi punya anak. Di Appa Oddiga, misalnya, setiap mau tidur, anak-anak selalu diminta ganti baju tidur, bahkan digantiin sama bapaknya. Terus cuci muka, cuci kaki, sikat gigi, barengan sama bapaknya dll hal-hal yang senantiasa dilakukan setiap saat. Saya mendapat banyak pengetahuan tentang bagaimana menanamkan budaya bersih dan sehat ini pada anak sedari kecil. Selain itu, kegiatan maen bersama anak-bapak tentu akan menumbuhkan kecintaan diantara mereka. Rasa sayang dibangun dengan memahami perilaku dan kebutuhan anak, dan bapak melakukan segala aktivitas dengan penuh cinta. oh, indahnya..

Masih banyak lagi hal-hal yang lain, mungkin akan saya ceritakan di lain waktu. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *