Lima Sebelum Lima : Jaga Kesehatan

Memang sudah seharusnya dari apa yang manusia alami dalam hidupnya, ada hal-hal yang harus bisa diambil sebagai pelajaran hidup. Manfaatkanlah lima sebelum lima, biasa kita dengar terutama untuk nasihat karena memang isinya baik. Apa saja lima sebelum lima itu?

Hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, luang sebelum sempit, muda sebelum tua, kaya sebelum miskin.

Nah, satu hal yang kadang terlupa dan tidak disyukuri adalah nikmat sehat. Ketika sehat, seolah banyak yang lupa untuk menjaganya. Bekerja tanpa istirahat dan tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi misalnya, atau tidak mengkonsumsi obat ketika sakit masih taraf gejala dan ringan. Dan ketika sakit sudah datang, menghantui tubuh, baru kemudian sadar, nikmatnya sehat itu memang sesuatu yang harus dijaga dan dipelihara.

Setelah seminggu ini harus bedrest karena gejala tipes, saya berpikir betapa sudah jahatnya saya kepada saya sendiri. Misalnya dengan tidak pandai mengatur waktu untuk kuliah dan mengerjakan semua assignment yang harus diselesaikan. Sehingga sering larut malam tidurnya, sering begadang dengan tanpa memperhatikan kondisi tubuh. Misalnya dengan mengkonsumsi vitamin, menjaga asupan makanan dan minuman dan berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh.

Kata dokter, gejala tipes yang saya alami karena masuk angin kasep yang tidak ditangani dengan baik. Seharusnya ketika pertama kali merasakan tidak enak di tubuh, saya bisa mengontrol diri misalnya langsung istirahat dan minum obat agar sakitnya tidak berlanjut. Apa mau dikata, memang kemalasan dan menganggap masalah kesehatan ini hal sepele.

Ketika akhirnya harus seminggu tidak ngampus, maka ada beberapa kuliah yang harus ditinggal dan presensi terpaksa dicoret. Selain kuliah, karena sakit jadi merepotkan banyak orang. Adik saya yang untung kuliahnya satu kota dan kosan dekat dapat bolak-bolik kos saya untuk membelikan makan.Demikian pula ibu kos yang hampir tiap pagi menyediakan sarapan.

Yang jelas sakit memberi banyak hal yang tidak baik, walaupun seharusnya dapat dicegah sehingga tidak perlu sakit.

Ingat lima sebelum lima. Jaga kesehatan!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *