Bau Pesing

Hidup di kos, memang hidup bareng dengan tetangga kamar kos yang jumlahnya bisa dari sedikit sampai puluhan. Hidup di kos, seringkali memang harus berbagi, terutama kamar mandi. Di saat pilihan kos saat ini yang banyak fasilitas, misalnya kamar mandi dalam, pilihan kos dengan kamar mandi berbagi saya kira masih mendominasi. Kamar mandi dalam berarti, kamar mandi disatukan dengan kamar sehingga yang menggunakan kamar mandi cuma penghuni kamar. Sedangkan kamar mandi berbagi berarti beberapa orang harus menggunakan kamar mandi yang sama dalam satu kos.

Kamar mandi bisa jadi satu pertimbangan penting ketika seseorang menentukan akan ambil kos atau tidak. Tentunya yang pertama kebersihan kamar mandi, kondisi kamar mandi dan luas kamar mandi. Kamar mandi yang lumayan luas, pakai keramik khusus kamar mandi, bersih tentunya jadi kriteria yang harus dipenuhi. Dan harus disharing dengan berapa banyak orang. Selama ngekos, saya pernah tinggal di rumah dengan 9 kamar, 9 penghuni dan 2 kamar mandi kecil. Jadi kalau pagi, siap-siap mandi lebih pagi biar tidak berebut, dan siap-siap pula menghadapi teman kos yang mandinya lama. Kamar mandi juga sekaligus tempat cuci baju, jadi ya siap-siap saja melihat kamar mandi penuh ember rendaman cucian.

Di kontrakan Cibinong, ada 1 kamar mandi untuk 3 penghuni, dimana walaupun salah seorang mandinya cukup lama namun tidak harus sampai rebutan. Walaupun sekaligus juga tempat cuci pakaian, karena kamar mandinya yang luas, tidak juga jadi masalah ada beberapa ember rendaman cucian. Yang paling asyik tentunya kamar mandi selalu bersih karena memang penghuni cuma 3 dan kesemuanya tidak ada yang jorok.

Di kos Jogja yang sekarang, ada 12 kamar dan 4 kamar mandi. 3 orang 1 kamar mandi. Kamar mandinya nyaman dan tidak jadi tempat cuci baju, jadi tidak ada ember rendaman cucian didalamnya. Memuaskan.

Yang repot tentunya yang kosnya punya puluhan kamar, dimana sekarang menjamur kos gedongan seperti ini. Penghuni sampai 50 orang. Walaupun kamar mandi yang cukup banyak, namun karena siapa pemakainya terlalu banyak maka kebersihan kamar mandi jadi kadang tak terawat. Apalagi misalnya induk semang tidak punya orang suruhan yang khusus bersihin kamar mandi, dan mengandalkan anak kos untuk membersihkan kamar mandi. Yang ada seringkali, orang yang jorok ya seenaknya pakai kamar mandi. Hasilnya apa? Kamar mandi bau pesing, kadang tempat BAB kotor dan disiram kurang bersih, dan air di kolam air/ember tidak jernih.

Ya namanya resiko ngekos, dan harus tinggal dengan banyak orang memang banyak. Bau pesing dari kamar mandi, pada suatu ketika dapat menjadi hal yang sangat menyebalkan ketika misalnya, kita sudah berusaha keras menjaga kebersihan kamar mandi namun yang lain seenaknya pakai. Ya gitulah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *