Diskusi

Semenjak pindah domisili untuk sementara waktu ke Jogja, tepatnya untuk sekolah lagi saya harus bolak-balik ke kampus, tentu saja untuk kuliah hampir setiap hari.

Selain rutinitas kuliah, saya beberapa kali di sms adik kelas. Terus terang agak kaget dan tidak terbiasa ketika ada adik kelas yang sms dan minta waktu buat ngobrol. Rutinitas di kampus tak lagi cuma kuliah. Mungkin sudah lebih dari 5 orang yang sudah berdiskusi. Yang bikin agak berat adalah tema diskusinya : topik skripsi.

Karena mungkin adik kelas tahu kalau saya bekerja di instansi yang mengurusi data geospasial khususnya seputar batas wilayah, mereka yang berniat atau sudah mengambil skripsi dengan topik tersebut ingin ngobrol dengan saya.


Saya pribadi canggung ketika mereka bertanya tentang pendapat saya tentang topik skripsi yang akan diambil. Misalnya tentang data yang dibutuhkan, metode penelitian, tentang dosen pembimbing dll. Saya yang baru bekerja kurang dari 3 tahun sejujurnya masih kurang pede untuk memberi pendapat. Tentu karena mungkin saja pendapat saya kurang benar apalagi kalau dilihat dari aspek akademik. Karena bekerja tentu lebih ke sisi praktis, tidak melulu text book.

Namun demikian terselip rasa terharu karena mendapat penghormatan dijadikan tempat bertanya. Namun yang lebih besar berada di pikiran adalah saya bertanggung jawab dengan kalimat-kalimat yang terlontar dari mulut saya ketika dimintai pendapat tentang topik skripsi tersebut. Dalam artian mereka yang bertanya tentu menganggap saya lebih tahu jadi bisa dijadikan tempat bertanya. Dan berharap mendapat pencerahan dan mungkin malah solusi. Saya tentunya harus menyediakan jawaban sebaik mungkin yang saya tahu untuk dibagikan kepada mereka.

Ternyata ada hal lain yang saya dapat selain harus kuliah sepanjang hari. Semoga hal-hal baik lainnya akan berdatangan dan memberi banyak kebaikan bagi saya selama kuliah (maksimal) 2 tahun di Jogja ini. aamiin 🙂

One Reply to “Diskusi”

  1. Mantap kawan, beramal tidak akan membuat kamu miskin. Berbagi ilmu tidak akan membuat kamu bodoh. Justru akan menambah derajat keilmuan dan tentu saja lebih bijak dengan ilmu yang dimiliki. Mereka percaya kepada anda maka tetap amanah menjaga kepercayaan mereka. Terus berkarya kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *