Niat Saja Memang Tak Cukup

Dulu saat kelas 3 SMA, prestasi terbaik saya saat Ramadhan adalah menyelesaikan 12 juz tadarus Al-Quran. Saya ingat di hari ke-7 puasa saya sudah di juz 7.Namun apa daya, semangat mengendur dan hanya sampai juz ke 12 saja. Tahun-tahun berikutnya mungkin tak layak ditulis disini. Lebih kurang dari 12 juz pokoknya.

Minggu kemarin saya membaca sebuah twit,lupa siapa yang nulis. Rahasia khatam dalam sebulan khususnya di bulan Ramadhan itu sederhana saja. Jika ada 30 juz dalam Al-Quran dan sehari bisa membaca 1 juz maka secara matematis di akhir Ramadhan akan selesai alias khatam. Jika dalam sehari harus selesai 1 juz, maka bagaimana kiat dan trik agar bisa tercapai? Pun hitungan matematisnya tak kalah sederhana. Dalam satu juz ada sekitar 22 halaman. Sehari sholat lima kali+tarawih. Maka setiap sholat, baca Al-Quran sebanyak 4-5 halaman maka sehari akan selesai 1 juz. Mudah bukan hitungannya? dan masuk akal juga?

Namun namanya manusia, yang kadang males kadang males banget jarang rajinnya, hitungan di atas takkan berjalan mulus jika tak ada niat yang kemudian direalisasikan. Niat saja ndak cukup. Beneran. Jika cuma niat tadarus, terus ngga jadi ngaji, ya ga bakal khatam. Ya kan ya dong?

Maka dengan niat itu saya mencoba untuk tadarus agak serius. Sederhana saja, saya menyugesti diri, ayo CUMA 4 halaman tiap abis sholat. Dan dua hari puasa ini, tepatnya habis Maghrib tadi saya sudah di juz 3. Tidak muluk, saya ingin memecahkan rekor pribadi bisa tembus juz 12 hingga akhir ramadhan.

Dengan xoom yang sudah diinstal Quran Android memang sangat membantu untuk ngaji. Saya tidak tahu apakah besok kalo sudah ngantor masih bisa tembus 1 juz 1 hari. Karena memang dua hari awal ramadhan ini kan sabtu minggu yang banyak waktu untuk ngaji.

Niat saja memang tak cukup kawan 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *