semangat membaca

selama hidup, saya mungkin baru menamatkan membaca sedikit novel dan buku. sedikit sekali. mungkin kurang dari 30 buah atau malah lebih sedikit.memprihatinkan memang.

selama kuliah, saya hanya membeli hanya beberapa novel. maaf menghubungkan antara novel yang dibaca dengan novel yang dibeli, karena saya memang jarang meminjam novel ke teman atau taman bacaan. jadilah novel yang sama baca biasanya yang saya beli.

semenjak masuk kerja dan memperoleh penghasilan sendiri, kemauan membeli novel melonjak drastis. selama setahun sekian bulan saya mungkin sudah membeli 20-30 buku. luar biasa bagi saya. karena semasa mahasiswa jumlah itu tercapai selama kuliah, alias 5 tahun. haha.
yang kurang baik adalah, meningkatnya kemampuan membeli buku ini tidak dibarengi dengan kenaikan semangat membaca. saya hampir selalu pasti tidak selesai membaca 1 buku dan sudah membaca 1 buku lainnya. saya hitung tidak kurang masih ada 10 judul buku yang mengantri dibaca. sementara saya masih mudahnya tergoda melangkahkan kaki ke gramedia saat maen ke mall. beli kadang sampe 3 judul buku sekaligus. saat di bandara dan nemu kios buku, kadang beli juga.

saya heran, kagum, dan ingin tahu, kenapa teman-teman di kantor pada hobi sekali baca buku. buku setebal kbbi saja selesai dibaca. saya iri atas kegigihan mereka membaca lembar demi lembar itu dan kemudian mereka membincangkan satu sama lain. saya melongo saja. karena belum baca. saya kalah telak.

saat ini ada 4 buku yang sedang saya baca bersamaan dan pesimistis semua akan selesai semua. ada padang bulan karya andrea hirata. ada to kill a mockingbird-nya harper lee (english version). ada pula ranah 3 warna-nya a fuadi. belum lagi buku nya chaosatwork berjudul my crazy boss 3. hoammm…mendadak ngantuk melihat tumpukan buku itu :mrgreen: .

ada yang punya sarankan gimana caranya menaikkan semangat membaca. buku-buki yang sudah terlanjur saya beli itu sungguh sayang kalau tidak terbaca juga.

*maaf kalo kadang nulis buku kadang novel. maksudnya buku fiksi dan non fiksi. hehe 🙂 *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *