Berbaju Kartini

Hari ini, hari Kartini. Ada yang masih inget, kenapa tanggal 21 April dipilih jadi hari Kartini? Silahkan bertanya pada Google atau Bing untuk mendapat jawaban lengkapnya.

Hari ini, sosok perempuan dan emansipasi wanita ramai dibicarakan. Lihat saja, iklan di tivi mulai dari iklan sabun mandi sampai dengan iklan sebuah gerakan massa yang menampilkan tayangan berdurasi tidak pendek tentang perempuan. Ada yang jadi arsitek, ada yang jadi pengusaha, dan banyak lagi. Yang ditonjolkan sama, perempuan yang sedang menampilkan dan memperlihatkan kemampuannya bekerja dan berusaha, sama dengan para lelaki.

Bagaimana sebenarnya kondisi perempuan Indonesia saat ini?. Apakah mereka benar-benar jadi kartini-kartini masa kini?. Seorang teman perempuan di facebook berbagi status pagi ini,

“KARTINI itu..harus pintar,rajin dan tidak sombong..KARTINI itu..kreatif,penuh dengan ide cermelang untuk pembaharuan,..KARTINI itu mau belajar dari kesalahan untk menjadi lebih baik,..KARTINI itu..tegar,kuat,mendidik,jadi pantutan/pemimpin..tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai wanita..KARTINI itu…Aku,Kamu,Dia…..

Apa betul Kartini masa kini harus seperti itu?

—-

image courtesy : here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *