who is the leader?

who is the leader? Siapakah pemimpin itu?.  Quotation terkenal memberikan penjelasan apa dan siapa itu pemimpin.

A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way – John C. Maxwell

If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader – John Quincy Adams

Menjadi ketua kelas selama dua minggu prajabatan di Ciawi kemarin memberi saya banyak sekali pengalaman dan pelajaran, bagaimana menjadi pemimpin. Jangankan menjadi pemimpin yang baik dan ideal, saya setengah mati berjuang menjadi pemimpin yang dicintai dan mencintai anak buahnya.
Terlepas dari proses pemilihan ketua kelas yang seolah memang “secara sengaja” 🙂 mengumpankan saya jadi ketua kelas, ternyata menjadi ketua kelas itu juga luar biasa perjuangannya, setidaknya untuk saya. Panitia, misalnya, akan mengkomunikasikan apa-apa yang harus disampaikan di kelas melalui ketua kelas. Saat apel malem dan apel pagi, sebagai contoh, ketua kelas harus memberi amanat dan didengarkan semua orang. Jika itu adalah sisi koordinatif seorang pemimpin, maka yang paling saya rasakan dan paling saya pelajari dan saya mendapat pelajaran darinya adalah bagaimana seorang pemimpin itu mengenal baik anak buahnya, mengerti kebutuhan, kelebihan dan kekurangan anak buahnya, dan paling penting bagaimana melayani dengan baik baik anak buahnya. Saya bilang melayani, karena mereka yang memilih saya, dan akhirnya menjadikan saya ketua kelas adalah mereka yang ingin mendapatkan pelayanan dari saya.
Maka itu, saya siapkan benar otak dan ego saya untuk mengerti dan menjalani hal ini, setapak demi setapak, selangkah demi selangkah. Memahami si A adalah orang yang gampang marah, si B adalah jagoan ngebanyol dan bikin ketawa, si C adalah pendiam tingkat tinggi dan lain-lainnya.
Seringkali memang ada marah, tidak suka, kecewa selama dua minggu kemarin. Tapi saya percaya, saya sedang di jalan menuju perubahan dan perbaikan sisi humanis dan sisi kepemimpinan saya. Lain kali akan saya ceritakan serunya prajabatan di Ciawi..

2 Replies to “who is the leader?”

  1. Menurut gw (mhn koreksi jika salah) pemimpin tidak berarti apa-apa tanpa rakyat, selaku pihak yg dipimpin. Oleh karena itu seorang pemimpin dalam setiap kebijakan/sikap/perilaku haruslah berpihak kepada kepentingan yang dipimpin karena kedaulatan seorang pemimpin berasal dari rakyat (teori perjanjian) dan kepentingan rakyat/yg dipimpin itulah yg menjadi Pekerjaan Rumah si pemimpin.

    Dalam tataran teknis, pemimpin dapat melakukan 2 pendekatan terhadap yg dipimpin, yaitu dengan cara keras, yakni demi mewujudkan general/common interest rakyat maka pemimpin dapat memaksakan suatu kebijakan. Namun tipe ini seringkali menimbulkan gesekan2 yg cukup kencang. Yang kedua dengan cara lembut, berusaha menyadarkan rakyat akan makna dari kebijakan tersebut. Tipe yg kedua ini tidaklah menjamin suatu kebijakan akan dijalankan.

    Kedua hal diatas bersifat relatif sih, karena hingga saat ini ga ada seorang pun yg bisa memformulasikan bagaimana kepemimpinan yang baik dan benar. Kepada Mas Farid sebaiknya jika dipercaya utk menjadi pemimpin, cobalah memahami sifat dan karakter yg dipimpin agar langkah yang diambil dapat harmonis dgn kondisi yg dipimpin.

    dah ah cape ngetiknya…….sukses selalu pak farid !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *